Kamis, 17 November 2016

Review Mouse Logitech M280

Sudah agak lama sih enggak ngreview-review lagi, selain sudah jarang beli-beli lagi, juga agak malas nulis di blog soalnya belakangan ini kondisi mata lagi kurang baik hihi…

Nah kali ini barang yang mau di review adalah mouse merek Logitech tipe M280.
Sebenarnya rencana reviewnya diatas setahun lagi. lho kok pakai lama ?
Yap rencananya mau sekalian review juga keawetan daya baterei mouse ini, konon katanya bisa sampai 1.5 tahun.
Tapi akhirnya reviewnya dipercepat, dikarna mouse Logitech M280 ini keburu rusak sebelum batereinya habis hihi..

karena mouse ini adalah mouse bluetooth, jadi powernya memakai power baterei.
Baterei yang dipakai adalah baterei alkaline tipe AA.

Sedangkan receiver nya bentuknya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari simcard biasa. 
Logitech menamainya Nano receiver, receivernya sendiri di simpandi dalam mouse, tepatnya di samping tempat baterei.
Kesan memegang mouse Logitech M280 ini, rasanya sangat nyaman, selain di desain mengikutin pegangan tangan, di sekililing mouse ini juga terbuat dari karet dof.
Selain enggak licin juga sangat nyaman di tangan.

Tombol klik kanan dan kiri tombol mouse M280 ini, juga rasanya sangat empuk dan lembut, suara kliknya juga hampir enggak kedengaran.
Saat pertama cobain mouse ini sudah kebayang, kalau tombol se-empuk ini, pasti daya tahannya enggak akan bertahan lama.
Bukan apa apa, sebelum memakai mouse Logitech M280, saya sudah lebih terlebih dahulu memakai Mouse logitech sejuta umat tipe B100.
Nah mouse B100 ini enggak tahan lama karna tombol kirinya suka enggak respon, setelah di bongkar ternyata plat tombol kliknya terbuat dari seng tipis. Jadi kemungkinan besar mouse M280 ini juga memakai material yang sama seperti yang dipakai di tipe B100.

Dan hasilnya ternyata benar, saat dipakai enggak sampai setengah tahun, tombol kiri mouse M280 ini sudah enggak gitu respon. harus di tekan kuat-kuat baru ada respon.
Makin stress kalau dipakai buat Photoshop atau drag drop file, bakal putus-putus responnya..

kalau soal jangkauan bluetoothnya, karena receivernya saya taruh dibelakang CPU, jangkauan sekitar 2 meter-2.5 meter. Lebih jauh dari itu cursornya enggak gitu respon. Tapi mungkin juga karna saya enggak pakai mouse pad. Mungkin kalau taruh di mouse pad hasilnya akan beda.

Sedangkan opticalnya benar-benar sensitif, walau di bungkusnya ditulis kalau optical nya enggak berfungsi di material kaca atau material mengkilat lainya, tapi pas di coba di lantai kelamik, hasilnya lancar dan enggak ada masalah sama sekali.
Satu lagi, jika di mouse lain cahaya opticalnya berwarna merah, maka di M280, enggak ada cahaya sama sekali. Tapi siapa juga yang iseng pelototin cahaya optical itu hihi..

Sedangkan daya tahan batereinya, Logitech m280 ini benar-benar luar biasa.
Kadang saya lupa matikan power mouse M2280 ini dan dibiarkan hidup seharian gitu aja, tapi sampai mousenya rusak, mouse ini enggak menunjukan kehabisan daya.
Di bungkusnya di tulis kalau daya batereinya bisa tahan sampai 1.5 tahun. Tapi sayangnya belum sempat di test apakah benar bisa tahan selama itu, mousenya sudah keburu rusak.

Kelebihannya:

  • Daya tahan baterai nya sangat luar biasa, cocok bagi yang suka lupa matikan daya mouse.
  • Sekiling mouse terbuat dari karet doff, sangat nyaman di gengam.
  • Bisa digunakan di material yang licin seperti kelamik

Kelemahanya:

  • Tombo kiri kanan gampang rusak. Sangat enggak recommed bagi gamer atau yang suka klik-klak mouse seperti penguna Photoshop.
  • Karet doff nya catnya gampang hilang. Jadi jika dipakai lama, mousenya seperti kotor kena debu dibagian sampingnya. Tapi jika diperhatikan baik-baik sebenarnya itu buka debu tapi cat karet yang sudah memudar.

Akhir kata jika, kalian penguna laptop, pakai mouse cuma sesekali, dan mementingkan kenyamanan dalam mengunakan mouse, maka mouse ini sangat cocok buat kalian karna bentuk receivernya sangat kecil, ditambah tombol nya sangat lembut dan nyaman di genggam, plus ditambah daya tahan baterei yang sangat sangat tahan lama.
Tapi jika kalian seorang yang suka klak-klik mouse seperti saya, mungkin ada baiknya mencoba mouse tipe lain.





Mouse Logitech M280



Receiver nya ada di dalam mouse



Bisa dilihat receiver nano nya lebih kecil dari kartu simcard

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar