Senin, 22 Februari 2016

Software Autoruns

Software Autoruns adalah sebuah tools, untuk melihat software apa saja yang berjalan autorun saat window mulai dijalankan.
Software buatan sysinternals ini cukup kecil tapi powerful, karena selain bisa melihat software apa saja yang berjalan, software ini juga bisa menghentikan software yang tidak diinginkan untuk autorun, atau bahkan menghapusnya dari dari autorun, tujuannya supaya bisa memperingan kerja Windows.
Software Autoruns bisa melacak software yang berjalan di: Appinit, KnownDLLs, WinLogon , Winsock Provider, Print Monitor, LSA provider, Network Provider, Logon, Explorer, Internet Explorer, Scheduled Tasks, Services, Drivers, Boot Execute, dan Image Hijack.
Lengkapkan, karena itulah saat saya menyebutnya software yang cukup powerfull, lebih tepatnya kecil-kecil cabe rawit.
Biarpun ukuran software ini kecil, tapi software ini bukan untuk mainan bagi pemula lho, Karena salah hapus file autorun bisa membuat software yang dihapus, bisa gak bisa jalan sama sekali.

Oy software Autoruns juga bisa digunakan untuk melacak virus/spyware, caranya lihat list yang berjalan autorun. Misalnya jika di list ada software bernama “Symantec Intrusion Prevention” berjalan padahal Anda tidak pernah mengunakan AV Norton, maka ada kemungkinan itu adalah sebuah virus yang lagi menyamar (emang manusia saja yang bisa menyamar) hehe…
Tapi ada kemungkinan juga sih itu bukan sebuah virus, maka nya itu mengapa saya bilang bahwa software Autoruns bukan mainan bagi pemula.

Saran pertama:
Sebelum mengunakan, sebaiknya klik Option, lalu hilangkan centang Verify Code Signatures dan centang Hide Microsoft Entries.
Fungsi hilangkan centang Verify Code Signatures adalah supaya tidak menampilkan list autorun yang mempunya sign dari Microsoft.
Dan fungsi mencentang Hide Microsoft Entries adalah supaya applikasi dari Microsoft tidak ditampilkan, biar gak terlalu panjang list autorun dan juga menghindarkan kesalahan dalam menghapus file.

Saran kedua:
Jika Anda tidak yakin file yang Anda ingin hapus aman atau tidak, sebaiknya hilangkan saja centang file untuk autorun, bukanya langsung dihapus, jadi jika ada yang salah, maka Anda tinggal kembalikan centangnya seperti semula.

Nah bagi Anda yang ingin coba, ini linknya:
Autoruns

Update 16-januari-2016
Autoruns 12.03
Oh ya ini freeware dan ukurannya juga kecil cuma 500an kb, jadi tunggu apa lagi silahkan dicoba ^.^

Update 19-Nov-2016
Autoruns 13.62

Tidak ada komentar:

Posting Komentar